Skip to main content

Notasi Sigma

Halo teman-teman! kali ini kita akan membahas mengenai notasi sigma, sebelum membahas lebih lanjut kita harus mengetahui apa sih notasi sigma itu?



Notasi Sigma yang ditulis dengan lambang Σ adalah sebuah tanda yang digunakan untuk menuliskan suatu penjumlahan secara singkat. Lambang notasi sigma merupakan huruf besar Yunani yang berasal dari kata asing “sum” yang artinya jumlah.

Tujuan dari penggunaan notasi ini adalah untuk meringkas penjumlahan yang panjang dan rumit yang terdiri dari suku-suku atau deret tertentu. Dalam kata lain, notasi sigma memiliki fungsi untuk mempermudah dalam menulis penghitungan suatu penjumlahan yang panjang.


Penulisan Sigma


Perhatikan:

`1^2+2^2+3^2+...+100^2` ditulis `\sum_{i=1}^{100}i^2`

`a_1+a_2+a_3+...+a_n` ditulis `\sum_{i=1}^{n}a_1`

`F(m)+F(m+1)+F(m+2)+...+F(n)` ditulis `\sum_{i=m}^{n}F(i)`

`c+c+c+...+c` (sebanyak n suku) ditulis `sum_{i=1}^{n}c_i=nc`


Sifat-Sifat Σ

Kelinearan Σ Misalkan `(a_i)` dan `(b_i)` menyatakan dua barisan dan `c` suatu konstanta. Maka:

(i) `\sum_{i=1}^{n}ca_i=c\sum_{i=1}^{n}a_i`;

(ii) `\sum_{i=1}^{n}(a_i+b_i)=\sum_{i=1}^{n}a_1+\sum_{i=2}^{n}b_i`;

(iii) `\sum_{i=1}^{n}(a_i-b_i)=\sum_{i=1}^{n}a_1-\sum_{i=2}^{n}b_i`.


Perubahan Indeks Jumlah

contoh nyatakan `\sum_{k=3}^{7}5^{k-2}` dalam notasi sigma sehingga batas bawah dari sigma adalah nol.

penyelesaian misalkan indeks baru adalah `j`, maka

`j=k-3`

sehingga jika `k=3`, maka `j=0`, dan jika `k=7`, maka `j=4`. Jadi `j` bergerak dari `j=0` sampai `j=4`. Sehingga:

`\sum_{k=3}^{7}5^{k-2}=\sum_{j=0}^{4}5^{(j+3)-2}=\sum_{j=0}^{4}5^{j+1}`


Beberapa Jumlah Khusus

(a) `\sum_{k=1}^{n}k=1+2+3+...+n=\frac{n(n+1)}{2}`

(b) `\sum_{k=1}^{n}k^2=1^2+2^2+3^2+...+n^2=\frac{n(n+1)(2n+1)}{6}`

(c) `\sum_{i=1}^nk^3=1^3+2^3+3^3+...+n^3=\left[\frac{n(n+1)}2\right]^2`

(d) `\sum_{k=1}^{n}k^4=1^4+2^4+3^4+...+n^4=\frac{n(n+1)(6n^3+9n^2+n-1)}{30}`



ps: apabila persamaannya tidak dapat terbaca, saya sarankan agar mengubah ke tampilan web/web version.

Comments

Popular posts from this blog

Ruang Lingkup Profesi Keguruan

RUANG LINGKUP PROFESI KEGURUAN   Dalam profesi kependidikan ada beberapa hal yang dibahas diantaranya: 1.      Profesionalisme keguruan Pengajaran merupakan bagian profesi yang memiliki ilmu maupun teoritikal, keterampilan dan mengharapkan ideologi profesional tersendiri. Oleh sebab itu, seseorang yang bekerja di institusi pendidikan dengan tugas mengajar jika diukur dari teori dan praktik tentang suatu pengetahuan yang mendasarinya, maka guru juga merupakan profesi sebagaimana profesi lainnya. 2.      Otoritas profesional guru Disiplin guru memiliki hubungan dengan anak didik, para guru melaksanakan tugasnya dengan penuh gairah, keriangan, kecekatan (exhilration) dan metode yang bervariasi dalam mendidik anak-anak. Penekanan tugas profesi kependidikan adalah memberi bantuan sampai tuntas (advocation) kepada anak didik, jadi guru yang profesional tidak hanya terkosentrasi pada materi pengajaran, tetapi juga memperhatikan situasi-situasi tertentu. 3.      Kebebasan akademik (

Integral Tak Wajar

ps: apabila persamaannya tidak dapat terbaca, saya sarankan agar mengubah ke tampilan web/web version . Tidak semua integral fungsi dapat diselesaikan dengan teorema dasar kalkulus. Bentuk `\int_a^b f(x) dx` disebut Integral Tidak Wajar jika: a.    Integran `f(x)` mempunyai sekurang-kurangnya satu titik yang tidak kontinu   (diskontinu) di [a,b], sehingga mengakibatkan `f(x)` tidak terdefinisi di titik tersebut.   Pada kasus ini teorema dasar kalkulus   `\int_a^b f(x) dx=F(b)–F(a)` tidak berlaku lagi. Contoh:       `\int_0^4 \frac{dx}{4-x}`, f(x) tidak kontinu di batas atas x = 4 atau f(x) kontinu di [0,4)       `\int_1^2 \frac{dx}{\sqrt{x-1}}`, f(x) tidak kontinu di batas bawah x = 1 atau f(x) kontinu di (1,2]       `\int_0^4 \frac{dx}{(2-x)^2/3}`, f(x) tidak kontinu di batas bawah x = 1 atau f(x) kontinu di [0,2) `\cup` (2,4]   b.   Batas integrasinya paling sedikit memuat satu tanda tak hingga.       Contoh:       `\int_0^\infty \frac{dx}{x^2+4}`, integran f(x) mem

Sasaran Sikap Profesional dan Pengembangan Sikap

A. Pengertian sikap profesional guru Sikap profesional merupakan sikap seseorang dalam menjalankan pekerjaan yang mencakup keahlian, kemahiran dan kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.  Thursthoen menjelaskan bahwa, “sikap” adalah gambaran kepribadian seseorang yang terlahir melalui gerakan fisik dan tanggapan pikiran terhadap suatu keadaan atau suatu objek. Sedangkan Berkowitz menerangkan sikap seseorang pada suatu objek adalah perasaan atau emosi, dan faktor kedua adalah reaksi/respon atau kecenderungan untuk bereaksi. Sebagai reaksi maka sikap selalu berhubungan dengan dua alternatif, yaitu senang ( like ) atau tidak senang ( dislike ), menurut dan melaksanakan atau menghindari sesuatu.  Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memiliki standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidik