Skip to main content

Volume Benda Putar

ps: apabila persamaannya tidak dapat terbaca, saya sarankan agar mengubah ke tampilan web/web version.

Apa sih volume benda putar itu? Volume benda putar di sini maksudnya suatu daerah yang dibatasi oleh beberapa kurva kemudian diputar terhadap suatu garis tertentu yang biasanya diputar membakar sumbu  `X` atau sumbu `Y` dengan satu putaran penuh yaitu 360 derajat.

Berikut ilustrasi volume benda putar menggunakan integral dengan memutar suatu daerah mengelilingi sumbu `X` seperti gambar berikut ini:

Dari gambar ilustrasi di atas, gambar daerah pertama berupa lingkaran diputar mengelilingi sumbu `X` sehingga terbentuk bangun ruang kerucut, dan gambar daerah kedua berupa setengah lingkaran diputar mengelilingi sumbu `X` sehingga terbentuk bangun ruang bola.

 

a. Pemutaran Mengelilingi Sumbu `X`

Misalkan R adalah daerah yang dibatasi oleh grafik fungsi `y=f(x)`, sumbu `x`, dan garis-garis `x=a` dan `x=b`. Jika daerah itu diputar sejauh 360 derajat mengelilingi sumbu `x`, maka akan diperoleh sebuah benda putar yang volumenya dapat ditentukan dengan rumus integral

`V=\pi\int_a^b y^2 dx`

 

b. Pemutaran Mengelilingi Sumbu `Y`

Untuk menentukan volume benda putar yang mengelilingi sumbu y, caranya hampir sama dengan sumbu `x`. Mungkin perbedaannya terletak pada fungsi dan batas-batasnya saja. Jika, mengelilingi sumbuk fungsinya adalah `y=f(x)` maka jika mengelilingi sumbu `y` menjadi `x=g(y)`. Batas-batasnya juga demikian jika pada sumbu `x` batas-batasnya `x=a` dan `x=b`, pada sumbu `y` batas-batasnya adalah `y=c` dan `y=d`. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut.

Misalkan R adalah daerah yang dibatasi oleh grafik fungsi `x=g(y)`, sumbu `y`, dan garis-garis `y=c` dan `y=d` diputar sejauh 360 derajat mengelilingi sumbu `y`. Maka, akan diperoleh sebuah benda putar yang volumenya dapat ditentukan dengan rumus integral

`V=\pi\int_a^b x^2 dy`


Contoh pemutaran mengelilingi sumbu `x`

Daerah yang dibatasi oleh garis `y=x+3`, sumbu `x`, `x=0`, dan `x=3` diputar 360 derajat mengelilingi sumbu `x`. Besar volume benda putar yang terjadi adalah ...

Penyelesaian

`V=\pi\int_0^3 (x+3)^2 dx`

`V=\pi\int_0^3 (x^2+6x+3) dx`

`V=\pi[(\frac{1}{3}x^3+3x^2+3x)]_0^3`

`V=\pi[(\frac{1}{3}(2)^3+3(2)^2+3(2))- (\frac{1}{3}(0)^3+3(0)^2+3(0))]`

`V=\pi[(\frac{8}{3}+12+6)-0]`

`V=\pi[\frac{8}{3}+18]`

`V=\frac{62}{3}\pi`

Jadi, volume benda putar tersebut adalah `\frac{62}{3}\pi` satuan volume.

Contoh pemutaran mengelilingi sumbu `y`

Hitunglah volume benda putar dari daerah yang dibatasi oleh garis `y=\frac{1}{3}x`, sumbu `y`, `y=1` dan `y=2`, diputar sejauh 360 derajat mengelilingi sumbu `y`!

Penyelesaian

Pertama kita ubah dulu persamaan `y=\frac{1}{3}x` menjadi `x=3y`

`V=\pi\int_1^2 (3y)^2 dy`

`V=\pi\int_1^2 9y^2 dy`

`V=\pi[\frac{9}{3}y^3]­_1^2`

`V=\pi[3y^3]­_1^2`

`V=\pi[3(2)^3-3(1)^3]­`

`V=\pi[24-3]­`

`V=21\pi­`

Jadi, volume benda putar tersebut adalah 21𝜋  satuan volume.


Comments

Popular posts from this blog

Ruang Lingkup Profesi Keguruan

RUANG LINGKUP PROFESI KEGURUAN   Dalam profesi kependidikan ada beberapa hal yang dibahas diantaranya: 1.      Profesionalisme keguruan Pengajaran merupakan bagian profesi yang memiliki ilmu maupun teoritikal, keterampilan dan mengharapkan ideologi profesional tersendiri. Oleh sebab itu, seseorang yang bekerja di institusi pendidikan dengan tugas mengajar jika diukur dari teori dan praktik tentang suatu pengetahuan yang mendasarinya, maka guru juga merupakan profesi sebagaimana profesi lainnya. 2.      Otoritas profesional guru Disiplin guru memiliki hubungan dengan anak didik, para guru melaksanakan tugasnya dengan penuh gairah, keriangan, kecekatan (exhilration) dan metode yang bervariasi dalam mendidik anak-anak. Penekanan tugas profesi kependidikan adalah memberi bantuan sampai tuntas (advocation) kepada anak didik, jadi guru yang profesional tidak hanya terkosentrasi pada materi pengajaran, tetapi juga memperhatikan situasi-situasi tertentu. 3.      Kebebasan akademik (

Integral Tak Wajar

ps: apabila persamaannya tidak dapat terbaca, saya sarankan agar mengubah ke tampilan web/web version . Tidak semua integral fungsi dapat diselesaikan dengan teorema dasar kalkulus. Bentuk `\int_a^b f(x) dx` disebut Integral Tidak Wajar jika: a.    Integran `f(x)` mempunyai sekurang-kurangnya satu titik yang tidak kontinu   (diskontinu) di [a,b], sehingga mengakibatkan `f(x)` tidak terdefinisi di titik tersebut.   Pada kasus ini teorema dasar kalkulus   `\int_a^b f(x) dx=F(b)–F(a)` tidak berlaku lagi. Contoh:       `\int_0^4 \frac{dx}{4-x}`, f(x) tidak kontinu di batas atas x = 4 atau f(x) kontinu di [0,4)       `\int_1^2 \frac{dx}{\sqrt{x-1}}`, f(x) tidak kontinu di batas bawah x = 1 atau f(x) kontinu di (1,2]       `\int_0^4 \frac{dx}{(2-x)^2/3}`, f(x) tidak kontinu di batas bawah x = 1 atau f(x) kontinu di [0,2) `\cup` (2,4]   b.   Batas integrasinya paling sedikit memuat satu tanda tak hingga.       Contoh:       `\int_0^\infty \frac{dx}{x^2+4}`, integran f(x) mem

Sasaran Sikap Profesional dan Pengembangan Sikap

A. Pengertian sikap profesional guru Sikap profesional merupakan sikap seseorang dalam menjalankan pekerjaan yang mencakup keahlian, kemahiran dan kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.  Thursthoen menjelaskan bahwa, “sikap” adalah gambaran kepribadian seseorang yang terlahir melalui gerakan fisik dan tanggapan pikiran terhadap suatu keadaan atau suatu objek. Sedangkan Berkowitz menerangkan sikap seseorang pada suatu objek adalah perasaan atau emosi, dan faktor kedua adalah reaksi/respon atau kecenderungan untuk bereaksi. Sebagai reaksi maka sikap selalu berhubungan dengan dua alternatif, yaitu senang ( like ) atau tidak senang ( dislike ), menurut dan melaksanakan atau menghindari sesuatu.  Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memiliki standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidik